IP anda

translate to your languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

KEGILAAN LUDWIG II  

Posted by: SINERGY 73 in


Jatuhnya buah tak jauh dari pohonnya, begitu kata pepatah lama. Hal ini juga berlaku pada raja Ludwig II. Banyak perilaku eksentriknya yang membuat orang geleng kepala. Tetapi bukan hanya Ludwig II yang bertingkah aneh, ayah, kakek dan bibinya juga punya kebiasaan aneh. 

Eksentriknya Ludwig II dimulai sejak ia remaja. Ludwig II suka beraktivitas di malam hari dan tidur di pagi hari. Kegemarannya adalah menunggang kuda berkeliling Inssbruck (Austria) menjelang tengah malam hingga subuh. 

Anehnya, ia hanya berkeliling di sepanjang rute pelatihan menunggang kuda yang melingkari sebuah lapangan. Ia melakukan putaran berpuluh kali sampai berganti-ganti kuda. Dalam benaknya, ia berkhayal sedang melakukan perjalanan jauh ke negeri antah berantah. 

Kebiasaan ini sangat sering dilakukannya. Menjadi semacam hobi khusus yang dilakukan selama sekian lama. Seusai menunggang kuda, ia biasanya memberikan hadiah-hadiah mewah kepada penjaga kudanya. 
Kebiasaan lain, Ludwig II suka menonton opera dan pertunjukan seni. Usai menonton opera, biasanya ia meniru tingkah laku tokoh utama cerita, bagai seorang pangeran tampan dari negeri dongeng yang ingin menyelamatkan seorang putri. 

Kecintaannya pada karya seni dan literatur juga diejawantahkannya dalam membaca puisi dengan suara sekuat-kuatnya. Jika pengawalnya tampak begitu gelisah dan tegang akibat ulahnya, Ludwig II merasa sang pengawal terlalu lelah. Ia pun menyiapkan sebuah kursi empuk dan menyuruh pengawalnya beristirahat di kursi itu.

Bukan hanya itu, Ludwig II juga diduga kuat mengidap kelainan seksual. Banyak yang percaya ia adalah pangeran tampan yang homoseksual. 

Lalu saat menjadi raja, ia memerintahkan seniman idolanya Richard Wagner berkarya dengan biaya sepenuhnya dari kerajaan. Ia begitu tergila-gila pada Wagner, hingga sangat memujanya dan menganggapnya sebagai "dewa seni".

Kegilaan lainnya, Ludwig II suka merencanakan pembangunan kastil dan puri dalam bentuk aneh (di masanya), menggambar rancangan bangunan yang hanya ada di dunia dongeng. Dari semua rancangannya, hanya satu yang terwujud, itupun saat Kerajaan Bavaria diambang kebangkrutan. Namun kastil itu hingga kini masih tetap berdiri, dikenal sebagai Neuschwanstein Castle. 

Di penghujung hidupnya, Ludwig II mengurung diri di Neuschwanstein Castle. Bahkan ia pernah menunggang kereta kerajaan berkeliling hutan dan lereng gunung saat musim salju mendera. Ia membawa sejumlah pengawal bersenjata dengan kuda-kuda spesial. Namun seluruh pengawal dan pembantu yang dibawa tur tak tentu arah itu diperintahkannya mengenakan kostum yang mirip dengan pakaian Prancis kuno di masa jaya Raja Louis XIV (1638-1715). Louis XIV adalah raja idolanya. (berbagai sumber)*

Neuschwanstein Castle Inspirasi Kastil Negeri Dongeng
[ image disabled ] Ludwig II memang eksentrik. Di tengah kekacauan politik dalam dan luar negeri dan keuangan kerajaan yang bangkrut, ia justru memerintahkan pembangunan sebuah istana megah. Kastil yang sebelumnya hanya ada dalam khayalan semua orang, kini berdiri megah di Pegunungan Bavarian Alps di Selatan Jerman. 

Kastil itu adalah satu dari puluhan rancangan kastil yang ingin diwujudkannya. Berada di dekat air terjun Pollat dengan panorama danau, kastil dibangun di puncak salah satu bukit di Pegunungan Alp, satu untaian pegunungan bersalju terbesar di kawasan Eropa, yang kini menjadi daerah tujuan wisata musim dingin.

Untuk mewujudkan pembangunan itu, Ludwig II menggunakan semua harta pribadinya, sampai akhirnya kastil itu pun selesai dibangun. Ia memberi nama kastil itu sebagai Neuschwanstein Castle. Nama ini sangat erat kaitannya dengan kisah Kepahlawanan Satria Angsa (swan knight hero) masa Germanic Kuno dalam opera Lohengrin karya seniman idolanya Richard Wagner.

Pembangunan kastil ini dimulai sejak tahun 1868, namun baru ditempatinya pada awal tahun 1880-an. Kastilnya ini memang luar biasa indah, megah, namun sedikit kekanak-kanakan, karena Ludwig II merancangnya berdasarkan khayalan masa kecilnya tentang sebuah puri di negeri dongeng. 

Begitu pun, kastil ini kemudian menjadi terkenal di Eropa. Mulai dari berdirinya sampai kini, orang tetap saja kagum pada arsitekturnya yang berbeda dengan kastil-kastil di masanya. Bahkan Walt Disney memakai model kastil tersebut untuk menghidupkan dongeng Sleeping Beauty. Lalu model kastil ini pula yang didirikan Walt Disney di Disney Land, taman hiburan fantasi.

Masa Akhir Ludwig II
[ image disabled ] Di penghujung pemerintahannya (1880-an), setelah Neuschwanstein Castle selesai dibangun, Ludwig II menghabiskan waktunya di sana. Ia semakin jarang terlihat di luar kastil.

Walau pun ia eksentrik dan banyak menuai kritik dan cibiran, namun sebagian rakyat Bavaria sangat menyukainya. Ludwig II memberikan perubahan besar pada kehidupan rakyat. Ia menghindari perang, sehingga selalu membawa damai dan memberi kesempatan pada rakyat untuk bekerja dan membuka usaha. Ia juga tidak menggunakan anggaran kerajaan untuk membangun kastil pribadinya. Dan ia sangat ramah pada penduduk, tak menyukai protokoler istana yang formal dan suka berbincang dengan rakyat jelata. Ia juga sangat royal memberikan hadiah pada rakyat dan pembantunya.

Namun, Ludwig dinyatakan menderita sakit jiwa oleh keluarga kerajaan. Ia diasingkan ke Schloss Berg di pinggiran Munchen untuk menjalani perawatan (Juni 1886). ]
Salah seorang pamannya, Luitpod, mengambil alih pemerintahan sebagai Raja Bavaria, karena Ludwig hingga akhir hayatnya tidak pernah menikah dan menggauli wanita. 

Pada 12 Juni 1886, ia dan dokter pribadinya Bernhard von Gudden terlihat berjalan-jalan di hutan sekitar Schloss Berg. Sejak itu keduanya tidak pernah kembali lagi. Pada 13 Juni 1886, jasad Ludwig II dan Gudden ditemukan mengambang di sebuah danau di Starnberger dekat Schloss Berg. Hingga kini kematian Ludwig II masih menyimpan misteri. Apakah ia tewas dibunuh, bunuh diri, atau kecelakaan? Tak ada yang tahu.*

Sekilas Bavaria 
Bavaria adalah sebuah sebuah wilayah free state di Jerman. Terbentang seluas 70.553 km² dengan jumlah penduduk 12,4 juta jiwa. 

Beribukota Munich di wilayah paling selatan Jerman. Wilayahnya meliputi sebagian gugus Pegunungan Alpen (Bavarian Alps). Wilayah Utaranya dihuni oleh bangsa Celtik dan ras sub suku Jerman lainnya sebagai bagian dari Kekaisaran Romawi kuno. 


Secara internasional, Bavaria berbatasan dengan Austria dan Republik Czech serta Switzerland (di seberang Danau Constance). Wilayah tetangganya di Jerman antara lain Baden-Württemberg, Hesse, Thuringia dan Saxony. Dua sungai besar mengalir melalui daerah ini, Sungai Danube (Donau) dan Main. 

Bavarian Alps berbagi perbatasan dengan Austria dan deretan puncak tertinggi di Jerman, Zugspitze. 
Kota-kota besar di Bavaria adalah Munich (München), Nuremberg (Nürnberg), Augsburg, Regensburg, Würzburg, Ingolstadt, Fürth dan Erlangen.

This entry was posted on 3:15 AM and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar

Post a Comment